Cara Tepat Beli Gadget Second atau Bekas

Halo pengunjung semua, apa kabar? Semoga sehat terus ya, kali ini Androitz mau berbagi cara tepat membeli gadget second atau bekas


Membeli gadget second atau bekas memang pilihan yang paling tepat untuk menghemat biaya atau uang. Coba pikir : kenapa harus beli baru kalau ada yang second bagus dan harganya murah. Apalagi gadget terus berkembang bisa saja beberapa bulan nanti ganti gadget baru.

Tapi membeli gadget harus hati-hati, karena gadget adalah barang yang mudah dimodifikasi, diubah isinya dan dijual lagi oleh orang-orang yang pintar. Jadi harus teliti dalam membeli gadget second atau bekas. Simak tips cara tepat membeli gadget second di bawah ini.


Tau apa yang akan dibeli dan dibutuhkan

Membeli gadget entah, smartphone, kamera, laptop tapi hanya sekedar tau tidak cukup. Anda harus tau apa mereknya, prosesornya, memorinya, kameranya. Selain itu anda harus tau juga kenapa anda akan membeli gadget tersebut, apakah untuk kerja, mendesain, mengetik, memotret atau untuk sekedar gengsi dan pamer saja.


Cari tau harga dan spesifikasinya

Sebelum membeli pastikan dulu kisaran harga second atau bekasnya dipasaran. Ini untuk mencegah tertipu penjual nakal tentunya. Banyak sumber yang bisa dilihat untuk mencari daftar harga gadget misalnya di website pricepanda, pulsa, bhinneka. Di website tersebut menyediakan harga, review dan spesifikasi dari gadget yang anda incar.


Cari penjual yang reputasi bagus dan bertemu langsung

Supaya tidak kecewa dengan gadget yang sudah dibeli, anda harus menemukan penjual yang bisa dipercaya dan reputasinya bagus dikalangan pencari gadget, salah satu caranya anda bisa bertanya di suatu forum atau grup gadget di facebook. Apakah ada yang tau tempat jual gadget bekas atau ada yang mau menjual barangnya. Selain itu bertemu secara langsung tentunya wajib, anda bisa melihat dan mengetes gadget yang akan dibeli. Jangan lupa minta kontak penjual yang bisa dihubungi siapa tau ada yang tertinggal atau mungkin masih diberi password dan lainnya.


Pastikan bukan barang curian

Jangan sampai anda membeli barang curian, maka dari itu bertemu langsung sangat penting. Apakah orang tersebut menjual karena sangat perlu uang dan kenapa dijual dengan harga yang murah, apa barangnya palsu atau curian. Anda harus cari tau alasannya, apalagi kalau pemilik aslinya mengaktifkan dan memasang fitur pelacak di gadgetnya, jadi anda harus teliti.


Nego atau tawar harga

Sebelum bertemu lakukan negosiasi atau penawaran harga sebagai perjanjian awal. Setelah melihat dan mengecek gadget secara langsung baru anda bisa melakukan nego akhir sebagai kesepakatan. Selain bisa mendapatkan gadget yang diinginkan anda juga bisa menghemat uang.


Mengecek dan tes gadget dengan kelengkapannya

Anda wajib mengetes dan mengecek gadget bekas yang akan dibeli. Apakah kamera, charger, headset, sambungan, bluetooth, lensa, layar, baterai dan lainnya masih berfungsi dan bagus sesuai dengan yang disampaikan oleh penjual. Apa aksesoris dan kelengkapannya seperti kotak dan garansinya masih ada. Setelah mengecek anda bisa memulai kesepakatan akhir.

Memperhatikan hal-hal di atas sangat berguna bagi anda yang ingin membeli gadget second atau bekas. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa bookmark web ini agar tidak ketinggalan update dari Androitz, bagikan juga artikel ini dengan menggunakan tombol share yang ada di bawah. Terima kasih sudah berkunjung.


aplikasi bayar tagihan

Baca juga :

Belum ada tanggapan untuk "Cara Tepat Beli Gadget Second atau Bekas"

Posting Komentar