Setting Dolphin Emulator Supaya Game Tambah Cepat

Selamat datang pengunjung semua, apa kabar? Semoga sehat selalu, kali ini Androitz mau berbagi setting atau pengaturan dolphin emulator supaya game tambah cepat.


Dolphin emulator bisa memainkan game dari gamecube, jadi gamer yang tidak punya console gamecube bisa main gamenya di laptop/komputer. Supaya bisa memainkan gamenya, file game biasanya berbentuk iso atau gcm.

Main game pakai dolphin pastinya memerlukan spesifikasi laptop yang bagus karena game dari gamecube memang berat, apalagi dimainkan di laptop atau komputer yang spesifikasinya pas-pasan atau dibawahnya pastinya berjalan lambat.

Tapi dengan pengaturan atau setting yang bagus setidaknya bisa menambah kecepatan game saat dimainkan pakai dolphin emulator. Cara setting dolphin emulator supaya game tambah cepat bisa dilihat di bawah ini.


Pertama pilih options > configure.


Bagian General, centang enable dual core dan enable idle skipping. Bagian bawah pilih JIT recompiler.


Bagian interface, hilangkan tanda centang, seperti di gambar.


Lanjut di audio, bagian sound settings, pilih DSP HLE emulator (fast), bagian backend settings, pilih X audio dan atur latency jadi 2 seperti gambar di atas. Selanjutnya pilih OK.


Selanjutnya pilih Options lagi, pilih Graphic settigs.


Bagian general, pilih backend, Direct3D9 (deprecated), adapter Intel HD Graphics, Fullcreen resolution auto, aspect ratio auto, selanjutnya hilangkan semua tanda centang.


Bagian enhancements, pilih internal resolutions 1x native 640x528, anti aliasing none, anisotropic fitering 1x dan hilsngkan semua tanda centang.


Lanjut di tab hacks,  centang Skip efb access from CPU, ignore format change, bagian efb copies pilih texture.  Texture cache geser sampai paling kanan (fast). Centang disable di external frame buffer, bagian other centang cache display lists saja.


Bagian advance hilangkan semua tanda centang dan pilih Close di bawah. Selesai.

Sekarang coba main gamenya pasti tambah cepat, supaya tambah lebih cepat lagi lakukan beberapa pengaturan di bawah ini.

  • Hapus program/aplikasi yang tidak penting di komputer/laptop
  • Bersihkan file sampah atau file tidak penting yang memakan memori, bisa pakai CC Cleaner.
  • Matikan program yang berjalan dilatarbelakang misalnya, bluetooth, koneksi internet, idm dan lainnya.
  • Atur layar ke best performance, caranya ke startmenu, ketik performance information and tools, pilih adjust visual effects, pilih adjust for best performance.
  • Pilih powerplan dengan mode high performance, caranya pilih icon baterai di ujung kanan bawah windows, pilih high performance.
  • Install atau update DirectX Windows.
  • Tambah RAM komputer/laptop tapi tidak semua RAM cocok dengan komputer/laptop

Selesai, main gamecube pakai dolphin emulator sekarang sudah tambah cepat. Setting ini sudah dicoba untuk memainkan game Resident Evil Remake dan Resident Evil Zero dan berhasil game jadi lebih cepat.

Jangan lupa bookmark web ini agar tidak ketinggalan update dari Androitz, bagikan juga artikel ini dengan menggunakan tombol share yang ada di bawah. Terima kasih sudah berkunjung.


aplikasi bayar tagihan

Baca juga :

Belum ada tanggapan untuk "Setting Dolphin Emulator Supaya Game Tambah Cepat"

Posting Komentar