Setting PCSX2 Emulator Supaya Game Tambah Cepat

Selamat datang pengunjung semua, apa kabar? Semoga sehat selalu, kali ini Androitz mau berbagi setting atau pengaturan PCSX2 emulator supaya game tambah cepat. 


PCSX2 emulator bisa memainkan game console PS2, jadi gamer yang sudah tidak punya PS2 masih bisa main game PS 2 di komputer/laptop. Untuk bisa memainkan gamenya, file game biasanya formatnya iso.

Dibandingkan dengan Game Dolphin emulator, game PCSX2 lebih berat pastinya memerlukan laptop atau komputer dengan spesifikasi tinggi, kalau dimainkan dengan laptop/komputer dengan spesifikasi pas-pasan dan dibawahnya sangat lambat.


Tapi dengan pengaturan yang bagus game bisa berjalan lebih cepat dan nyaman dimainkan. Cara setting atau pengaturan PCSX2 emulator supaya game tambah cepat bisa lihat di bawah ini.


Pertama pilih konfigurasi lanjut pilih pemilih plugin/BIOS.


Selanjutnya bagian GS pilih Gsdx 5365(MSVC 16.00, SSE2) 0.1.16 (Gsdx32-SSE2), bagian SPU 2 pilih SPU2-X r5317 2.0.0 (SPU2-X). Kalau pilihan bios ini tidak ada berarti Directx harus diinstall atau update yang terbaru. Selesai pilih OK.

Peringatan :

Mengatur BIOS menghapus data PCSX2, mulai dari save dan lainnya, jadi kalau ada save dan data game kesayangan sebaiknya BIOS tidak diubah lagi settingan/peraturannya.


Selanjutnya pilih konfigurasi lagi, pilih pengaturan plugin.


Pilih adapter, intel HD graphics atau adapter lain yang lebih bagus. Bagian renderer pilih Direct3D10 Hardware, kalau belum ada, harus update dan install Directx versi 10 atau lebih baru. Lanjut bagian custom resolution bisa 600 dan 400 seperti di gambar atau centang saja Native. Bagian lainnya hilangkan saja centangnya. Pilih OK.


Kembali lagi ke konfigurasi, pilih audio dan pengaturan plugin.


Bagian interpolation pilih 0 nearest (fastest/badquality) dan centang bagian disable effects. Lanjut disampingnya, bagian module pilih X audio2 (Recommended), synchronizing mode pilih timescretch (recommended), audio expansion mode pilih stereo (none,default). Pilih OK.


Lagi pilih konfigurasi, pilih emulasi pengaturan.


Bagian tab EE/IOP, emotion engine pilih recompiler, IOP pilih recompiler, round mode chop/zero, clamping mode pilih none. Lanjut pilih ke tab/bagian berikutnya.


Bagian Vu's, VU0 pilih recompiler super VU (legasi), VU1 pilih recompiler (microVU), round mode pilih chop/zero, clamping mode pilih none. Lanjut ke tab berikutnya.


Lanjut di tab GS, bagian frame skipping pilih nonaktif (umum) dan yang lainnya hilangkan tanda centangnya seperti gambar di atas.


Lanjut bagian Windows GS, pilih aspek rasio standar (4:3) dan yang lainnya hilangkan tanda centang.


Lanjut tab Speedhacks, centang aktifkan speedhacks, bagian EE cycle rate (tidak direkomendasikan) geser sampai paling kanan angka 3. VU cycle stealing geser ke paling kiri angka 0.

Lanjut centang aktifkan INTC spin detection, aktifkan deteksi wait loop, flag hack mVU dan MIVU (Multi-threaded micro VU1). Pilih OK untuk simpan setting/pengaturan.

Coba mainkan game di PCSX2 emulator, hasilnya bisa terlihat lebih cepat, kalau masih lambat bisa lakukan beberapa tips di bawah ini.

  • Hapus/Uninstall program tidak penting di komputer/laptop
  • Hapus atau bersihkan file yang tidak penting dan menghabiskan memori komputer.
  • Matikan program atau aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti antivirus, bluetooth, sambungan internet, idm dan lainnya.
  • Atur layar ke best performance caranya pilih start menu, ketik performance information and tools, pilih adjust visual effect, pilih adjust for best performance dan ok.
  • Pilih mode high performance di laptop, caranya pilih gambar baterai di ujung kanan bawah tampilan layar dan pilih high performance.
  • Tambah RAM komputer/laptop, tidak semua RAM cocok dengan komputer/laptop
  • Update/install DirectX Windows terbaru.

Selesai, sekarang bermain game PS2 lewat komputer/laptop jadi lebih cepat, setting/pengaturan ini sudah dicoba untuk game Resident Evil 4 dan tambah cepat dan lancar.

Jangan lupa bookmark web ini agar tidak ketinggalan update dari Androitz, bagikan juga artikel ini dengan menggunakan tombol share yang ada di bawah. Terima kasih sudah berkunjung.


aplikasi bayar tagihan

Baca juga :

Belum ada tanggapan untuk "Setting PCSX2 Emulator Supaya Game Tambah Cepat"

Posting Komentar